MATERI 10 : PENANGANAN INSIDEN KEAMANAN JARINGAN
Sebab
dari keadaan jaringan yang ada dan diaplikasikan dalam suatu organisasi akan
mempengaruhi keamanan informasi yang ada padanya.
Tujuan
Informasi ini adalah untuk mengenalkan kepada personel keamanan TI terhadap
serangan pada jaringan (misal Distributed denial-of-service), modus operandi,
dan langkah-langkah yang direkomendasikan untuk membantu upaya perbaikan,
persiapan, identifikasi, penahanan, pemulihan dan keberlangsungan yang
diperlukan untuk membatasi risiko yang diakibatkan oleh terjadinya insiden....
Insiden
keamanan pada jaringan bisa bermacam-macam, prosedur penanganan disini
difokuskan pada penanganan insiden untuk, 1. Denial of Service ributed (DoS or
DDoS) 4 2. Reconnaissance activity 3. Unauthorized access Definisi Denial of
service (DoS) umumnya merupakan tindakan serangan berbahaya pada jaringan yang
ditujukan untuk mengganggu ketersediaan sumber daya komputasi dari pengguna
yang sah.
Tahap
Persiapan (Preparation) Persiapan adalah langkah yang paling penting dalam
menangani serangan yang terjadi pada jaringan komputer.
Persiapan
yang dilakukan meliputi, Persiapan Personal Meskipun memiliki kendali proses
dan teknis yang kuat, keamanan dapat dikompromikan dengan memanfaatkan personil
dan membuat mereka melakukan tindakan yang sebaliknya tidak diizinkan.
Tim
penanganan insiden yang terampil dan adanya matrik eskalasi merupakan komponen
kunci dari startegi penanganan dan penahanan yang efektif.
Sebuah
tim penanganan insiden yang baik adalah sumber daya sangat berharga ketika
dibutuhkan untuk menangani situasi yang mungkin timbul karena adanya malware,
dengan cara yang efisien dan efektif.
Sebagaimana
orang adalah sumber daya organisasi utama yang akhirnya dirugikan oleh infeksi
malware, kesadaran akan keamanan merupakan salah satu dari isu-isu yang perlu
terus menerus dipantau dan ditingkatkan untuk perlindungan yang tepat dari
berbagai serangan.
Menetapkan
peran dan tanggung jawab, identifikasi siapa yang berperan dalam menangani
serangan pada jaringan dan memastikan mereka menyadari tanggung jawabnya.
Menetapkan
informasi kontak selama 24jam 7 hari untuk ISP dan metode alternative untuk
komunikasi Persiapan Teknologi/tool Persiapan teknologi adalah kegiatan untuk
menyiapkan semua alat/teknologi yang diperlukan dalam proses penanganan insiden
keamanan pada jaringan, alat-alat tersebut antara lain, 7 a. Virus Removal
Tools: Komponen lain yang harus disediakan dalam penanganan insiden pada
jaringan adalah tool dari berbagai vendor antivirus untuk menghapus malware.
Karenanya
tak jarang tool ini juga dapat dipakai untuk sniffing (memperoleh informasi
penting spt password email atau account lain) dengan menangkap paket-paket yang
berseliweran di dalam jaringan dan menganalisanya. c. Metasploit Metasploit
merupakan sofware security yang sering digunakan untuk menguji coba ketahanan
suatu sistem dengan cara mengeksploitasi kelemahan software suatu sistem.
Terlepas
dari penggunaan metasploit yang disalah gunakan untuk kejahatan, software ini
juga membantu System Security untuk memperkuat pertahanan jaringannya dari ulah
penyerang dari luar.
Persiapan
Dokumen yang dibutuhkan a. Membuat daftar dari alamat IP yang diprioritaskan
untuk diperbolehkan melewati jaringan selama penanganan insiden. b. Menyiapkan
dokumen topologi jaringan, termasuk semua alamat IP yang paling up to date. c.
Meninjau Disaster Recovery Plan (DRP) dan memastikan manajemen senior dan tim
hukum memahami pentingnya penanganan dari serangan pada jaringan, termasuk
peran mereka.
Persiapan
Komponen Keamanan Network Komponen keamanan jaringan adalah komponen-komponen
yang selama ini digunakan oleh organisasi untuk menjaga keamanan pada jaringan
komputer dari organisasi tersebut, komponen-komponen itu antara lain, Anti
Malware Anti malware merupakan sistem perangkat lunak yang berfungsi untuk 9
menangkal program-program jahat yang akan memasuki/menyusup ke dalam jaringan
komputer.
Comments
Post a Comment